Saturday 7 November 2009

Not Just a Barbie

Penampilan manis, tutur bahasa baik dan halus, akhlak mengesankan.
Cukupkah bagi muslimah ?!?

Tidak !!!
Kenapa ?!?

Masih ada yang perlu dimiliki oleh muslimah, yaitu menjadi cerdas.
Seperti kita tahu, sering banget film-film barat memperolok gadis-gadis pirang. Bukan sembarang pirang lho, mereka cantik, tubuhnya bagus, biasanya lagi anak orang berada. Tapi kenapa jadi olokan ?!?

Ternyata menjadi secantik Barbie, tanpa kecerdasan gak cukup. Meski penampilan sempurna, tanpa diiringi kecerdasan malah sering bikin anjlok performance seseorang.

Terus, gimana dong jika kita termasuk muslimah yang sedang-sedang saja daya tangkapnya ?!?

Tentu saja terlalu muluk untuk berharap agar semua muslimah menjadi Einsten-Einsten abad ini. Gak kok. Kalaupun isi kepala kita biasa-biasa aja, paling gak cobalah untuk berprestasi di bidang akademis secara rata-rata. SKBM gak apa deh, sambil membangun kreativitas dan mengejar prestasi di bidang lain.

Saya tahu bahkan meraih nilai standar, akan mudah bagi muslimah yang kebetulan cerdas dan gampang nangkep pelajaran. Sebaliknya buat yang kebetulan dilahirkan dengan kecerdasan pas-pas-an (Afwan, Ya !), pasti perlu jerih payah keras untuk bisa mencapai nilai rata-rata. Tapi susah gak berarti mustahil, kan ?

Tips n Tricks :

1. Mencicil pelajaran secara rutin.
Unless kamu bisa ingat semua yang kamu baca, hanya dengan SEKALI membaca, belajar sistem kebut semalam atau SKS, baiknya gak kamu jadikan kebiasaan.

2. Lebih maju selangkah.
Manfaatin waktu luangmu dengan membaca setidaknya 1 bab lebih awal dari teman-teman sekelas. Dengan cara ini ketika guru menerangkan, peluang pelajaran untuk nyangkut di benakmu menjadi lebih besar.

3. Jangan menumpuk.
Jangan menumpuk ketidakmengertian. Begitu ada yang tidak kamu mengerti sebaiknya langsung ditanyakan, atau meminta temanmu yang mengerti untuk menerangkan, setelah jam pelajaran usai. Jangan menunda terlalu banyak, sehingga akhirnya semakin banyak yang tidak kamu mengerti.

4. Belajar Kelompok.
Belajar kelompok bisa jadi alternatif yang bagus buat kamu yang gak disiplin atau sering ngantuk ketika belajar. Berusahalah aktif dalam kelompok belajarmu. Jangan pasif, apalagi hanya bengong atau mengerjakan yang lain ketika teman-temanmu sedang membahas soal.

5. Jangan malas berlatih.
Untuk soal-soal yang memerlukan skill matematis, perbanyak latihan akan memudahkanmu menghadapi ujian. Sebab umumnya pelajaran dari tahun ke tahun nyaris sama. Hanya angka-angka atau bentuk penyajian yang berbeda. Cari bahan-bahan ujian tahun sebelumnya, latih.

6. Jangan asal.
Untuk pelajaran hafalan, usahakan punya buku catatan yang meringkas poin-poin penting, dengan rapih. Buku catatan yang rapih dan sistematis akan membantu ingatan visualmu dengan baik.

7. Ikutan bimbel.
Ikut bimbingan belajar atau les juga bisa menjadi salah satu alternatif membantumu memahami pelajaran lebih baik, bukan mengharapkan bocoran soal ujian, tapinya lho...

Semoga Bermanfaat !!!

Diambil dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment

 

blogger templates | Make Money Online