Tuesday, 6 October 2009

Tips-Tips Menghilangkan Segala Rasa Takut

1. Posisi kita sebagai hamba ALLAH Ta’ala

ALLAH Ta’ala berfirman di dalam Q.S. Al-Ma’arij : 19-23

“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat, yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya.”

Dari ayat tersebut telah dijelaskan, bahwa dengan mengerjakan shalat, insya ALLAH, rasa takut dalam diri kita hilang.

2. Sadari potensi dalam diri

ALLAH Ta’ala berfirman di dalam Q.S. An-Nahl : 78

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.”

Dari ayat tersebut telah dijelaskan, bahwa kita patut bersyukur kepada ALLAH Ta’ala, karena telah memberikan indera pendengar, penglihat, dan perasa. Oleh karena itu, tidak ada yang perlu ditakuti lagi dalam diri kita.

3. Percaya diri terhadap diri sendiri

ALLAH Ta’ala berfirman di dalam Q.S. Ali ‘Imran : 191

“Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”

Dari ayat tersebut telah dijelaskan, bahwa ALLAH Ta’ala menciptakan segala sesuatu dengan tidak sia-sia. Oleh karena itu, kita harus percaya diri terhadap diri sendiri, karena apapun yang kita lakukan Insya ALLAH, tidak akan sia-sia. Insya ALLAH, rasa takut sia-sia pun akan hilang.

4. Tanamkan dalam pikiran kita “Aku Pasti Bisa”

Dengan mengucapkan “Aku Pasti Bisa”, Insya ALLAH, pola pikir kita akan termotivasi lagi, untuk lebih berani melakukan segala sesuatu pekerjaan dengan sendiri tanpa bantuan orang lain. Insya ALLAH, rasa takut karena tidak bisa pun akan hilang. Ingatlah !!! Tidak boleh verbal/diucapkan di dalam hati saja.

5. Jangan Putus Asa

ALLAH Ta’ala berfirman di dalam Q.S. Al-Baqarah : 286

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

Dari ayat tersebut telah dijelaskan, bahwa ALLAH Ta’ala tidak akan pernah memberikan suatu ujian, yang di luar batas kemampuan setiap hamba-hambanya. Oleh karena itu, kita tidak boleh putus asa jika diberikan suatu ujian oleh ALLAH Ta’ala, karena pasti ada jalan keluarnya. Hanya saja, waktunya kita tidak tahu kapan. Insya ALLAH, rasa takut karena takut gagal pun akan hilang.

6. Awali segala sesuatu dengan mengucapkan kalimat Basmallah.

Dalam situasi dan kondisi apapun, bila kita akan mengawali suatu pekerjaan ada lebih baiknya mengucapkan lafadz Basmallah “Bismillahirahmanirrahim” terlebih dahulu. Insya ALLAH, kita akan diberikan kelancaran dan kemudahan oleh ALLAH Ta’ala. Insya ALLAH, rasa takut karena takut tidak bisa pun akan hilang.

Selamat Mencoba Yach !!!

2 comments:

  1. hmm,,
    berat jg,,
    tpi HARUS BISA!!!
    ^O^

    ReplyDelete
  2. HARUS BISA !!!
    Ilangin, yg nma ny sgla jns RASA TAKUT ntu...
    n Gnti dgn yg nma ny RASA CINTA...
    Insya Allah, dgn CINTA sgla ny m'jdi trsa lbh INDAH...

    ReplyDelete

 

blogger templates | Make Money Online